Rancang Bangun Jaringan

Kamis, 08 November 2018

4 Wireless Tools Pada Mikrotik


4 Wireless Tools






1. Scanner Tool Mikrotik

Sesuai dengan namanya, scanner berfungsi untuk melakukan scan dengan memperlihatkan Access point mana saja yang aktif di sekitar perangkat. Scanner akan menampilkan informasi dari AP disekeliling Mikrotik secara detail mulai dari Mac Address, SSID, Band, Frequensi, Sinyal, SNR, Radio Name, sampai versi RouterOS nya (jika perangkat itu Mikrotik). Berikut yang di atas adalah contoh penggunaan Scanner. Address yang ditampilkan di Scanner adalah Physical Address setiap Access point yang ada disekitar anda.




2. Frequency Usag Tools Mikrotik

Tool ini berfungsi untuk melakukan scanning penggunaan frekuensi disekitar perangkat mikrotik anda. Frequency Usage akan menampilkan beban penggunaan masing-masing frekuensi apakah banyak digunakan apa sepi pengguna. Sehingga kita dapat menentukan frekuensi mana yang tidak terlalu ramai penggunanya untuk mengurangi interferensi.

1. Frequency (MHz) Wireless LAN menggunakan radio frekuensi yang membutuhkan media rambat yang juga harus bersih atau tanpa gangguan. Gangguan bisa berupa halangan seperti pohon,gedung,tembok,kaca atau interferensi frekuensi dari perangkat lain di sekitarnya.
2. Usage menunjukkan penggunaan di Frequency saat ini
3. Seperti yang ada di tool scanner Noise Floor adalah besarnya gangguan freq atau ukuran sinyal  atau juga kebisingan disekitar frekuensi yang termonitor disaat ada sinyal maupun tidak ada sinyal




3. Snooper Tool Mikrotik

Dengan menggunakan Snooper tool maka bisa diketahui load dan besar traffic tiap frequensi dengan informasi yang lebih mendetail. Snooper dapat menampilkan info Access Point, jumlah Station dan Client nya, sinyal, serta masing-masing bandwidth nya.

a. Channel hasil dari scan adalah channel mana yang digunakan.
b. Address yang ditampilkan di Scanner adalah Physical Address setiap yang ada disekitar anda.
c. Signal adalah seberapa kuat nya sinyal sebuah SSID/Channel 
d.  SSID atau Service set identifier adalah nama access point yang telah di konfigurasi.
e. Of Frequency (%) adalah berapa persen channel yang sudah digunakan
f.  Of Traffic (%) adalah berapa persen yang bisa digunakan (bandwidth + wireless control frames)
g.Bandwidth merupakan kuantitas data yang dihitung dalam bit per second yang terdapat dalam           jaringan yang bisa dikirimkan melalui saluran komunikasi dan tanpa adanya sebuah distorsi.               Sama  seperti namanya, bandwidth digital ini memberikan informasi secara digital tentang  kapasitas  yang menentukan informasi tersebut bisa melampaui saluran transmisi, baik saluran yang menggunakan kabel maupun saluran nirkabel yang juga dihitung dalam satuan waktu dalam satuan bit, misalnya 20 Kilobite per detik (Kbps).




4. Sniffer Tool Mikrotik

Packet Sniffer adalah tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan kita. Sniffer Paket (arti tekstual: pengendus paket — dapat pula diartikan 'penyadap paket') yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan kadang-kadang menguraikan isi dari RFC (Request for Comments) atau spesifikasi yang lain. Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch), salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur-aduk (promiscuous mode) untuk "mendengarkan" semuanya (umumnya pada jaringan kabel).


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Psychedelic Pointer

Selamat Datang

About Me

Related Posts

Followers